Pengertian Populasi
Sugiyono, populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri
dari obyek atau subyek yang menjadi kuanti...
Jenis Populasi
Populasi Terbatas adalah mempunyai sumber data yang jelas
batasnya secara kuantitatif sehingga dapat dihitu...
Sifat-Sifat Populasi
Populasi Homogen adalah sumber data yang unsurnya memiliki
sifat yang sama sehingga tidak perlu mempe...
SAMPEL
Pengertian
Suharsimi Arikunto, sampel
adalah bagian dari populasi
yang diteliti.
Sugiyono, sampel adalah
sebagian d...
Teknik Pengambilan Sampel
(Probability Sampling)
Simple Random Sampling, Cara pengambilan sampel dari
anggota populasi den...
Teknik Pengambilan Sampel (Non-
Probability Sampling)
Sampling Sistematis, Pengambilan sampel didasarkan atas urutan
dari ...
Kesalahan Sampling dan Non-
Sampling
Kesalahan Sampling, Kesalahan ini disebabkan oleh kenyataan
adanya pemeriksaan yang t...
Sumber
Nama Pengarang: Dr. Riduwan, M.B.A
Tahun Terbit : 2013
Judul Buku : Dasar-Dasar Statistika
Kota Terbit : Bandung
Pe...
Populasi dan sampel (statistika 2)
of 9

Populasi dan sampel (statistika 2)

Statistika
Published on: Mar 4, 2016
Published in: Education      
Source: www.slideshare.net


Transcripts - Populasi dan sampel (statistika 2)

  • 1. Pengertian Populasi Sugiyono, populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari obyek atau subyek yang menjadi kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan pleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulan. Nazir, populasi adalah berkenaan dengan data, bukan orang atau bendanya. Nawawi, populasi adalah totalitas semua nilai yang mungkin, baik hasil menghitung ataupun pengukuran kuantitatif maupun kualitatif daripada karakteristik tertentu mengenai sekumpulan obyek yang lengkap.
  • 2. Jenis Populasi Populasi Terbatas adalah mempunyai sumber data yang jelas batasnya secara kuantitatif sehingga dapat dihitung jumlahnya. (Jumlah penduduk kota Bandung 2.500.000 jiwa) Populasi Tak Terbatas/ Tak Hingga adalah sumber datanya tidak dapat dinyatakan dalam bentuk jumlah. (Meneliti berapa liter pasang surut air laut pada bulan purnama)
  • 3. Sifat-Sifat Populasi Populasi Homogen adalah sumber data yang unsurnya memiliki sifat yang sama sehingga tidak perlu mempersoalkan jumlahnya secara kuantitatif. Populasi Heterogen adalah sumber data yang unsurnya memiliki sifat atau keadaan yang berbeda sehingga perlu ditentukan batasnya baik secara kulitatif maupun kuantitatif.
  • 4. SAMPEL Pengertian Suharsimi Arikunto, sampel adalah bagian dari populasi yang diteliti. Sugiyono, sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimilik oleh populasi. Keuntungan  Memudahkan penelitian.  Penelitian lebih efisien.  Lebih teliti dan cermat.  Penelitian lebih efektif.
  • 5. Teknik Pengambilan Sampel (Probability Sampling) Simple Random Sampling, Cara pengambilan sampel dari anggota populasi dengan menggunakan acak. Proportionate Stratified Random Sampling, Pengambilan sampel dari anggota populasi secara acak dan berstrata secara proporsional. Disproportionate Stratified Random Sampling, Pengambilan sampel dari anggota populasi secara acak dan berstrata. Area Sampling (Sampling Daerah/ Wilayah), Teknik sampling yang dilakukan dengan cara mengambil wakil dari setiap daerah/ wilayah geografis yang ada.
  • 6. Teknik Pengambilan Sampel (Non- Probability Sampling) Sampling Sistematis, Pengambilan sampel didasarkan atas urutan dari populasi yang telah diberi nomor urut. Sampling Kuota, Teknik penentuan sampel dari populasi yang mempunyai ciri tertentu sampai jumlah yang dikehendaki. Sampling Aksidental, Teknik penentuan sampel berdasarkan faktor spontanitas. Purposive Sampling, Digunakan ketika peneliti mempunyai pertimbangan tertentu dalam pengambilan sampel. Sampling Jenuh, Digunakan apabila semua populasi digunakan sebagai sampel. Snowball Sampling, Teknik yang menggunakan pola saling mempengaruhi yang bisa menjadikan jumlah sampel semakin besar.
  • 7. Kesalahan Sampling dan Non- Sampling Kesalahan Sampling, Kesalahan ini disebabkan oleh kenyataan adanya pemeriksaan yang tidak lengkap tentang populasi dan penelitian hanya dilakukan berdasarkan sampel. Kesalahan Non-Sampling, Kesalahan ini disebabkan oleh beberapa sebab, yaitu : populasi tidak diidentifikasi sebagaimana mestinya, populasi yang menyimpang dari populasi yang seharusnya dipelajari, angket tidak dirumuskan sebagaimana mestinya yang memenuhi standar validasi, istilah- istilah telah didefinisikan kurang tepat atau telah digunakan tidak secara konsisten, pada waktu mencatat data, melakukan tabulasi dan perhitungan.
  • 8. Sumber Nama Pengarang: Dr. Riduwan, M.B.A Tahun Terbit : 2013 Judul Buku : Dasar-Dasar Statistika Kota Terbit : Bandung Penerbit : ALFABETA Jumlah Halaman : 273