BY: LUTHFI TAUCHIDA .H.
NAMA TANAH AIR INDONESIA

Tanah Air Indonesia dahulu sering silih berganti nama. Dan
yang menamakan juga berbeda – bedaseperti dari
Majapahit, dar...
 Menurut kitab Syair Ramayana : negara kita 2000 tahun yang lalu
namanya adalah “JAWA DWIPA”
 Tanah Air Kita dahulu di d...
 Pujangga Multatuli menamakn tanah air ini “ INSULINDE ”
 Kemudian ada orang yang berasal dari Jerman yang namanya Basti...
of 4

Nama tanah air indonesia

Published on: Mar 3, 2016
Published in: Education      
Source: www.slideshare.net


Transcripts - Nama tanah air indonesia

  • 1. BY: LUTHFI TAUCHIDA .H. NAMA TANAH AIR INDONESIA
  • 2.  Tanah Air Indonesia dahulu sering silih berganti nama. Dan yang menamakan juga berbeda – bedaseperti dari Majapahit, dari bahasa melayu, dari bahasa sansekerta, dan lain – lain. Nah disin saya akan menyebutkannya satu persatu.
  • 3.  Menurut kitab Syair Ramayana : negara kita 2000 tahun yang lalu namanya adalah “JAWA DWIPA”  Tanah Air Kita dahulu di dalam bahasa Kawi Sansekerta, yakni dinamakan “DWI PANTARA”.  Nama “Dwi Pantara” itu kemudian di salin kedalam bahsa Mojopahit menjadi “NUSANTARA”. (Dalam Perputakaan India kuno juga disebutkan “NUSANTARA”)  Nusantara artinya pulau yang letaknya di tengah tengah,. Maksudnya Indonesia terletak di tengah – tengah antara Samudra Pasifik dan samudra Indonesia, serta terletak di tengah – tengah antara Benua Asia dan Australia.  Nusa berasal dari bahasa yunani yakni Nesos yang memiliki arti pulau. Nama Nusantara berasal dari nama Nusa Tamara (menurut sejarah Melayu)
  • 4.  Pujangga Multatuli menamakn tanah air ini “ INSULINDE ”  Kemudian ada orang yang berasal dari Jerman yang namanya Bastian menamakan negri ini “INDONESIA ” ( Buku sejarah kebangsaaan jlid I untuk SLP dan yang sederajat, penerbit Asia Afrika Surabaya, tahun 1969 halaman 3).  Setelah itu dinamakan oleh JR.Logan, yakni orang yang berkebangsaan Inggris, menamakan tanah air kita ini dengan nama “ INDONESIA ” ( Buku Muhammad hatta yang berjudul Indonesia, penerbit yayasan Idayu Jakarta, tahun 1980 halaman 9 ).  Di dalam buku yang berjudul “ Gajah Mada “ karangan Mr. Mohammad yamin halaman 54 cetakan ke VIII, tahun 1974, mengatakan bahwa “ perkataan Indonesia pertamakali oleh James Ricard logan di dalam suatu karangan (1869)