ANGGOTA KELOMPOK :
1.
2.
3.
4.
5.
6.
ARDI KUSUMA
ELVIANA
IIN ILMANSYAH
MIRA PUSPITASARI
RIA SUSILAWATI
M. ALI IBRAHIM
DEFINISI
 Dermatitis kontak adalah respon peradangan kulit
akut atau kronik terhadap paparan bahan iritan
eksternal yang...
LANJUTAN

Dikenal dua macam jenis dermatitis kontak yaitu
dermatitis kontak iritan yang timbul melalui
mekanisme non imu...
ETIOLOGI
Penyebab munculnya dermatitis kontak iritan ialah
bahan yang bersifat iritan, misalnya bahan pelarut,
detergen, m...
CONTOH DK
 DKA karena nikel pada jam tangan
 DKI Air liur
 DKI Ditergen
TANDA DAN GEJALA
 Bintik-bintik atau benjolan kemerahan
 Gatal dan bengkak
 Keluar cairan dari kulit yang terkena atau ...
PENATALAKSANAAN
 Pencegahan misalnya penggunaan sarung tangan
karet di ganti dengan sarung tangan plastik,
menggunakan m...
ASUHAN KEPERAWATAN
 Pengkajian
1.
Anamnesis tepat
2.
Riwayat penyakit lengkap
3.
Pemeriksaan fisik dan uji tempel
LANJUTAN
 Diagnosa
1.
Gangguan integritas kulit berhubungan dengan kekeringan
pada kulit
2.
Resiko kerusakan kulit berhub...
INTERVENSI
 DX 1:Gangguan integritas kulit berhubungan dengan kekeringan pada kulit




Tujuan :
Kulit klien dapat ...
LANJUTAN
 DX 2 : Resiko kerusakan kulit berhubungan dengan terpapar





alergen
Tujuan :
Tidak terjadi kerusakan...
LANJUTAN
 DX 3 : Perubahan rasa nyaman berhubungan dengan pruritus





Tujuan :
Rasa nyaman klien terpenuhi
Krit...
 Implementasi :
Di dasarkan pada diagnosa yang muncul baik secara
aktual, resiko, atau potensial. Kemudian dilakukan
tin...
Presntasi dermatitis
Presntasi dermatitis
of 15

Presntasi dermatitis

Published on: Mar 4, 2016
Source: www.slideshare.net


Transcripts - Presntasi dermatitis

  • 1. ANGGOTA KELOMPOK : 1. 2. 3. 4. 5. 6. ARDI KUSUMA ELVIANA IIN ILMANSYAH MIRA PUSPITASARI RIA SUSILAWATI M. ALI IBRAHIM
  • 2. DEFINISI  Dermatitis kontak adalah respon peradangan kulit akut atau kronik terhadap paparan bahan iritan eksternal yang mengenai kulit.  Dermatitis kontak akan menyebabkan ruam yang besar, gatal dan rasa terbakar dan hal ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut.
  • 3. LANJUTAN  Dikenal dua macam jenis dermatitis kontak yaitu dermatitis kontak iritan yang timbul melalui mekanisme non imunologik dan dermatitis kontak alergik yang diakibatkan mekanisme imunologik dan dermatitis kontak alergik yang diakibatkan meka nisme imunologik yang spesifik.
  • 4. ETIOLOGI Penyebab munculnya dermatitis kontak iritan ialah bahan yang bersifat iritan, misalnya bahan pelarut, detergen, minyak pelumas, asam, alkali, dan serbuk kayu. 2. Dermatitis kontak alergi disebabkan karena kulit terpapar oleh bahan-bahan tertentu, misalnya alergen 1.
  • 5. CONTOH DK  DKA karena nikel pada jam tangan  DKI Air liur  DKI Ditergen
  • 6. TANDA DAN GEJALA  Bintik-bintik atau benjolan kemerahan  Gatal dan bengkak  Keluar cairan dari kulit yang terkena atau timbul lenting-lenting dan bula pada kasus yang berat  Kemerahan atau lenting pada kulit terbatas pada area yang terkena saja
  • 7. PENATALAKSANAAN  Pencegahan misalnya penggunaan sarung tangan karet di ganti dengan sarung tangan plastik, menggunakan mesin cuci, sikat bergagang panjang, penggunaan deterjen.  Pengobatan 1. 2. Pengobatan topikal Pengobatan sistemik
  • 8. ASUHAN KEPERAWATAN  Pengkajian 1. Anamnesis tepat 2. Riwayat penyakit lengkap 3. Pemeriksaan fisik dan uji tempel
  • 9. LANJUTAN  Diagnosa 1. Gangguan integritas kulit berhubungan dengan kekeringan pada kulit 2. Resiko kerusakan kulit berhubungan dengan terpapar allergen 3. Perubahan rasa nyaman berhubungan dengan pruritus 4. Gangguan pola tidur berhubungan dengan pruritus 5. Gangguan citra tubuh berhubungan dengan penampakan kulit yang tidak bagus. 6. Kurang pengetahuan tentang program terapi berhubungan dengan inadekuat informasi
  • 10. INTERVENSI  DX 1:Gangguan integritas kulit berhubungan dengan kekeringan pada kulit     Tujuan : Kulit klien dapat kembali normal. Kriteria hasil : Klien akan mempertahankan kulit agar mempunyai hidrasi yang baik dan turunnya peradangan, ditandai dengan mengungkapkan peningkatan kenyamanan kulit, berkurangnya derajat pengelupasan kulit, berkurangnya kemerahan, berkurangnya lecet karena garukan, penyembuhan area kulit yang telah rusak Intervensi: Mandi paling tidak sekali sehari selama 15 – 20 menit. Segera oleskan salep atau krim yang telah diresepkan setelah mandi. Mandi lebih sering jika tanda dan gejala meningkat. Rasional : dengan mandi air akan meresap dalam saturasi kulit. Pengolesan krim pelembab selama 2 – 4 menit setelah mandi untuk mencegah penguapan air dari kulit. Gunakan air hangat jangan panas.
  • 11. LANJUTAN  DX 2 : Resiko kerusakan kulit berhubungan dengan terpapar      alergen Tujuan : Tidak terjadi kerusakan pada kulit klien Kriteria hasil : Klien akan mempertahankan integritas kulit, ditandai dengan menghindari alergen Intervensi Ajari klien menghindari atau menurunkan paparan terhadap alergen yang telah diketahui. Rasional : menghindari alergen akan menurunkan respon alergi Baca label makanan kaleng agar terhindar dari bahan makan yang mengandung allergen. Hindari binatang peliharaan.
  • 12. LANJUTAN  DX 3 : Perubahan rasa nyaman berhubungan dengan pruritus      Tujuan : Rasa nyaman klien terpenuhi Kriteria hasil : Klien menunjukkan berkurangnya pruritus, ditandai dengan berkurangnya lecet akibat garukan, klien tidur nyenyak tanpa terganggu rasa gatal, klien mengungkapkan adanya peningkatan rasa nyaman Intervensi : Jelaskan gejala gatal berhubungan dengan penyebabnya (misal keringnya kulit) dan prinsip terapinya (misal hidrasi) dan siklus gatal-garuk-gatalgaruk. Rasional : Dengan mengetahui proses fisiologis dan psikologis dan prinsip gatal serta penangannya akan meningkatkan rasa kooperatif. Cuci semua pakaian sebelum digunakan untuk menghilangkan formaldehid dan bahan kimia lain serta hindari menggunakan pelembut pakaian buatan pabrik.
  • 13.  Implementasi : Di dasarkan pada diagnosa yang muncul baik secara aktual, resiko, atau potensial. Kemudian dilakukan tindakan keperawatan yang sesuai.  Evaluasi yang akan dilakukan yaitu mencakup tentang : 1. 2. 3. 4. Memiliki pemahaman terhadap perawatan kulit. Mengikuti terapi dan dapat menjelaskan alasan terapi. Melaksanakan mandi, pembersihan dan balutan basah sesuai program. Menggunakan obat topikal dengan tepat.

Related Documents