Nasehat Bijak EinsteintentangHidup Sukses
1. Buntuti Terus Rasa InginTahu Anda
“Sayabukanmemiliki bakat khusus.Hanyaselalu...
4. Imaginasi adalah kekuatan.
“Imaginasi adalahsegalanya.Imaginasiadalahpenarikmasadepan.Imaginasi lebihpenting
daripadape...
lebih baik. Anda juga tidak bisa mengubah besok menjadi lebih baik, kecuali jika Anda
melakukan yang terbaik pada saat ini...
Setujupak Einstein,saya tak berani membantah nasehat bapak di atas. Anda lebih
berpengalamandaripada saya
Pengetahuanitu b...
of 4

Nasehat bijak einstein tentang hidup sukses

sangat baik
Published on: Mar 3, 2016
Published in: Healthcare      
Source: www.slideshare.net


Transcripts - Nasehat bijak einstein tentang hidup sukses

  • 1. Nasehat Bijak EinsteintentangHidup Sukses 1. Buntuti Terus Rasa InginTahu Anda “Sayabukanmemiliki bakat khusus.Hanyaselalumenikmati rasa ingintahusaja.” Membaca kutipan Einsteindi atas membuat saya bertanya-tanya Seperti apa rasa ingintahu itu? Saya selalubertanya-tanya mengapa ada orang sukses,sementara banyak lainnya gagal; karena itu saya menghabiskanbanyak waktu membaca banyak bahan. Mencari tahu koneksi berbagai hal terhadap kata ‘sukses’. Mengejarjawaban rasa ingin tahu Anda adalah kunci rahasia kesukesan. 2. Tekunitu Tak Ternilai. “Sayabukannyapintar,bolehdikatakanhanyabertahan lebihlamamenghadapi masalah.” Bayangkan seekorkura-kura di tengah rimba gunung, sementaradia ingin menujupantai. Atau, apakah Anda setekuntunas mangga terus-menerusbertumbuh,berkembangsehingga akhirnya berbuah? Ada ungkapan bagus popular di kalangan pegawai pos, ‘selembarprangko menjadi bernilai hanya karena ketika dia menempel padasurat hingga mengantarnya sampai ke tujuan’. Jadilah seperti prangko, selesaikanapa yang sudah Anda mulai. 3. Fokuspada saat ini. “Seorangpriayang bisamenyetir denganaman sementaramencium gadiscantik,sebenarnya tidak memberi penghargaanyanglayak untukciumannyaitu.” Einsteinkok ngomongintentang ciuman ya? Ah, itu kan hanya istilahsaja, Tapi saya ingin cerita tentang kejadianketika saya menjaga kebun durendi kebun.Begitu banyak kera seperti menunggusaya lengahdan menyikat durian ranum di atas pohon.Ayah saya bilang,saya tak akan bisa menembakdua kera sekaligus.Pengertiansaya atas kata-kata beliauadalah, ‘saya bisa melakukan banyak hal, tapi bukan semua hal sekaligus’.Belajaruntuk ‘berada di sini,saat ini’; berikan perhatiankepada apa yang sedang Anda kerjakan. Energi terfokusadalah sumber kekuatan. Itulah perbedaanantara kesuksesandan kegagalan.
  • 2. 4. Imaginasi adalah kekuatan. “Imaginasi adalahsegalanya.Imaginasiadalahpenarikmasadepan.Imaginasi lebihpenting daripadapengetahuan” Ungkapan Einsteinini sangat terkenal.Apakah Anda berimajinasi setiaphari?Imaginasi lebih pentingdari pengetahuan!Imaginasi memainkansatu babak awal dalam pentashidup masa depan Anda. Lagi, kata Einstein,“Tandakejeneniusansesungguhnyabukanlahpengetahuan melainkanimaginasi.” Sekali lagi, apakah Anda sudah melatihotot-ototimaginasi Anda setiaphari? Jangan biarkan otot- otot itu menjadi kurus dan sakit-sakitan.Hidup tanpa imajinasi seperti mengikuti aliransungai, pasrah mengikuti apapun kemauan dan ke mana arahnya. Tak memiliki kuasa atas apapun terhadap pilihanpun keinginan.Menyedihkan. 5. Buat Kesalahan. “Seseorangyangtidak pernah membuatkesalahansebenarnyatak pernah mencobasesuatuyang baru.” Einsteintak pernah takut dengankesalahan. Tak perlualergi dengan kesalahan. Catat baik-baik, KESALAHAN bukan KEGAGALAN.Dua hal tadi berbeda.Kesalahan-kesalahandapat membantu Anda menjadi lebihbaik, lebihcepat,lebihcerdas–jika Anda menggunakannya dengantepat tentunya. Carilah sesuatuberbau baru–somethingnew–dari kesalahan Anda. Seperti sudah dibilang sebelumnya,jikainginsukses,belajar lebihbanyak dari kesalahan Anda. 6. Hidup pada saat ini. “Saya tak pernah memikirkan masa depan–itu akan datang sesaat lagi.” Satu-satunya jalan agar hidup Anda baik dimasa depan adalah hidup dengan baik pada saat sekarang. Ah, lagi-lagi nasehat bijak untuk menyikapi waktu dengan tepat oleh pakar fisika quantum Einstein. Sangat tak mungkin mengubah kemarin karena sudah terjadi. Anda bisa lakukan sekarang adalah mengubah cara pandang Anda SAAT INI tentang kemarin agar menjadi
  • 3. lebih baik. Anda juga tidak bisa mengubah besok menjadi lebih baik, kecuali jika Anda melakukan yang terbaik pada saat ini. Masalahnya hanya tentang waktu, dan waktu tidak pernah ke mana-mana kok 7. Hargai diri Anda. “Berusahalahdengankeras bukanuntuk menjadi sukses,tapi untuk menjadi lebihberharga.” Tak perlulah banting tulang untuk menjadi lebihsukes.Luangkan waktu Anda untuk menaikkan nilai diri Anda. Jika Anda memang bernilai,suksesakan datang menghampiri Anda. Apakah Einsteinbekerjalebihkeras untuk sukses?Saya pikir dia hanya terusmenerusberinvestasi untuk meningkatkannilai dirinya.Sukses datang sendiri kepadanya. Kenali bakat dan berkah karunia-Nya kepada Anda. Belajarlah mengasahmereka menjadi lebih tajam, gunakan untuk memberi manfaat sebanyak-banyaknyak kepada orang lain. Bekerjalahuntuk menjadi bernilai,suksesakan mengejarAnda. Apakah berlian harganya sama dengan kerikil?Andapunya jawabannya Keduanya mengalami tekanan berbedasehingga membedakannilainya. 8. Jangan mengharapkan Hasil Berbeda. “Kegilaan: adalah melakukan sesuatu dengan cara sama berulang-ulang dan mengaharapkan hasil berbeda.” Nasehat bijak Enstein di atas adalah favorit saya Anda jangan mengharapkan hasil menjadi lebih baik jika Anda masih bertahan dengan cara yang Anda pakai sekarang. Dengan ungkapan lain, Anda mimpi mengharapkan otot bisep Anda menjadi lebih ‘seksi’ jika masih mengangkat barbel ringan terus menerus. Jika ingin hidup Anda berubah, Anda harus berubah. Mengubah cara pikir, cara pandang dan cara melakukan sesuatu. Ketika Anda mengubah pikiran Anda, mengubah Sudut pandang Anda, mengubah tindakan Anda, hidup Anda akan berubah dengan sendirinya. Guys, bayangkan hal berikut: Ada seorang gadis manis tepat di depanmu. Bandingkan kedua aksi berikut. Pertama, kamu senyum tulus, reaksi si gadis adalah membalas senyummu. Kedua, kamu melotot padanya, bisa ditebak apa reaksi di gadis? 9. Pengetahuanterasah melalui Pengalaman “Informasi bukanlah pengetahuan.Satu-satunyasumberpengetahuanadalahpengalaman.”
  • 4. Setujupak Einstein,saya tak berani membantah nasehat bapak di atas. Anda lebih berpengalamandaripada saya Pengetahuanitu berasal dari pengalaman.Anda bisa mendiskusikansebuahproyek; tapi diskusi itu hanya akan memberi Anda informasi.Anda harus melakukanproyek tersebutuntuk ‘tahu’ apakah proyek tersebutberjalandengan benar atau tidak. Anda harus melakukannya untuk mengatasi munculnyamasalah-masalah ditengahproyek berjalan.Itu membuatAnda memiliki pengalaman baru dan bermanfaat. Apa pesan Einstein?Carilahpengalaman! Jangan habiskan waktumu nonton sinetroncinta sementara dirimusetengahmati menginginkanpacar, misalnya Keluar dari duniamu sekarang dan pengalaman tak ternilai menunggumudi luar sana. 10. Pahami Aturan Main,Lalu BermainlahLebihBaik. “Andaharusmemahami aturan permainan.KemudianAndaharusbermainlebih baikdaripada pemainlain.” Bagi Einstein,dia cukup memahami aturan-aturan dasar Fisika laluberpikirdan bekerjalebihbaik dibandingfisikawanlainnya. Sederhananya,anda cukup melakukan dua hal saja. Pertama, yang harus anda lakukan adalah memahami ‘peraturan’ bagaimana cara Anda melakukannya. Kedua,Lakukan pekerjaantersebutlebihbaik dibandingorang lain.Jika Anda mampu melakukan dua hal ini dengan baik, suksespasti masuk ke kantong Anda Well,itutadi 10 kutipan nasehat bijak AlbertEinsteindan terjemahan bebasolehsaya Semoga bisa bermanfaat untuk menjadi inspirasi dan membuat hiduplebihbijak.

Related Documents