Kelucırgcı M sıswq Nahdlatul Ulcıma Institut Pertonıan Bog
Terimakasih KMNU
'Ibrıma kasıh aıas salu lahun ını, salu lahu...
Efeknyalah yang menjadi negatif ketika
tawadu' tidak dipraktekkzm secara propor-
sional yang mengakibatkan karenanya suatu...
of 2

Nahdlatul qolam edisi 13

Buletin Nahdlatul Qolam adalah Buletin yang diterbitkan oleh Tim Kominfo KMNU IPB setiap hari jum'at 1 kali dalam 2 minggu. Edisi 13 Semoga Bermanfaat
Published on: Mar 3, 2016
Published in: Art & Photos      
Source: www.slideshare.net


Transcripts - Nahdlatul qolam edisi 13

  • 1. Kelucırgcı M sıswq Nahdlatul Ulcıma Institut Pertonıan Bog Terimakasih KMNU 'Ibrıma kasıh aıas salu lahun ını, salu lahun yang pcnuh warna, pcnuh Iikarliku, dan lcnlunya pcnuh pclajaran. 'ILrima kasih suya ucapkaıı kupada scmua cıvılas KMNU IPB, pcngurus, anggula, SC, dan pcmhına, alas d0`a, dukungun, dun konlrihusınya untuk KMNU IPB dalam pcriııdc kcpcııgurur san saya Sckarang saaınya mda rcgcncrası bcrputar, saatnya saya mcnyu- dahı pcngabdıan .suya dı kurs) pcngurus Pcrlu kııa kcluhuı sual ını KMNU IPB hukan urganisası kccıl lugı ılı lıng- kup [I'll Apa yang mcmhual KMNU lPll mcınpunyaı ck› sı bahkan hzırgaining pıısıliıııı Icbihûl. Ya, kcrja kcrux kunlrıhusi. dan pcngahdıan kita lcrhadup KMNU, Icrhadup NU, dun lchılı pcnlıng, lagı Icrlıadap Musyurakut sckilur. Kita lıarus lıngkalkan itu. Scmakın harı KMNU [I'll dihunı ıılch SDM dcngun pulcnsi yang scmar kin hcsar. Dcngan nıııdal lcrschul linggul PR scuraııg pcmıınpiıı sclzınjulr ııya uııluk ıucıncııcj, dun ırıcraııgkainyu dalam kcrangka KMNU, Suya yakın KMNU IPB kcdcpan akan dapal lchılı mcmhcrı munfaal kupada Aswuja, NU_ IPB, ıııusyurukuı dun kupada Baııgsa lııdum. C C lcrımu kaaıh KMNU. nıuıılkıın uku jıkıı bcluuı bm mum* hcrı yang lcrhzıık hııgınıu. scılııııgkun kamu Iclrıh nıcmburı- kım hunynk mı kur dupakıı lcraklıir saya ıngın mcmınla ınaaf yang schcsarrhcsarnya, haik sccara prıhadi dan mcwakılı pungurus, atas gala kckurangan & kcs ahan yang kamı Iakukan pada pcrıodc 2014/2015 Kzınıı sudalı hcrusalın scmuksinıal mungkin, dan hanya ınilah yang bisa kzııııı bcrikun. Sckali lagı kamı mohıın maaf Scıncıga kc dcpan KMNU akan lchıh yaya, Ichih bısa mcmhcrı manlhal kcpada yang lainııya İKMNU IPB Berprestoısi ! OWTeEnıaıi 2015 Sclıııııııı dıııı sııkscs kcpııdıı pıırıı konıiııgcıı KMNU IPB yııııg ıclaılı ıııcndııpaıkzııı bcbcrupajıızını di MTQ ıiııgkııı IPB : KNIAN FIOIH FATHUL OORIB Iumbtmalum. I .Iıııııııl lııılıl llıılııhAı Rolîıılı İm” ***n*** 2 .hızını ı «lchııı|v:ılı;ıs.ı.r:ıl› .«llılı.ıll';ırııı. llııznıılllııııııı Aomüz 1 ,Iuım I llıfcl/ılQıııEııı Ukı Scııııuzııı “Mus DmAıNAH J .l Tıl ıwnlı pulıı .ılliııı~ı llım ılı Sabtu nıukınıplıllloo î .I . . ıpuııı Iıınıl llııl; di maıiid Dmmoou Reqençy J ıî()ıı'0';ılı.';ılı'.ılı llxılıılıAı Rııfıılı ı î Klııılııııl Qı ııı lklıııl Nlıı/:ıkkı ı î Pıılııııı kanduııgnıı .vlrQııı';ııı .ıllılı .l Karnı nı 2 ß kmmnpııne,, Jmmnuıpb fxmnuıpsımnuıpa &085648219932 m xıım ın lı ll ll.ın ım .u ın us., ıIH.m H'.^›.H ı ın n ll w Hıvnnuum ı nu.” k...” m spr ınımıhııl llmuıı m; ı [n .LmLıLl ruıuıı ım ll.l.1ll.ll`l[l~l l)lı'lllhl1l_.IHHHllHHll Anuııı xıuıxwu. m› l~nı.mıl ıı. .ım mı “lwllhlhı ı x m llllxbll lmı.ı- ım [n n ll( C - nı ıı Mmnun ›ı...n sun ılllu I ı ıı nm xıı ı [n l: lHllI lîıllllhll xıx. ınım nm” ; ın ıı llvlllııllııxlxllll : unun llrwnlrılll Mlllllıll lıınlwl`lll`l mr ıumxı MMHHHl ıım ı nlm m xmııı urunu» nıxlıuıu mı: ı Nun: llv ll ll llmlvııı H lııltllwlıll l I`l ıkıl (ı l ll I)kl ml. ı.nıl Iıllıılâ l lulll›l um. “HH R! Iıxkıl H. m. /ııl HH& ll R lun null BULETIN â,... ı., î? ı. 'a 'o A: NAHDLATUL OOLAM Berhhidmat untuh umut, Bersama untuh meruih ridho Ilahi 27 Februari 2015 PEMIMPIN YANG TAWADU' Tcriııgat kisah lanıa kclika Umar Bin Abdııl Aziz lcrpililı ıııcuindi pcmiıııpiıı Islam di Diıınsti Bani Uıııayyaln Umar ynııg biasaııya sclalıı taınpak ıcgns buknııııya scnaııg :unu baııgga diri . Umar ınzılalı nıcnzıııgis Icrisnk-isak. "lnnaa Lil- lzıhi wa lnnnıı Ilailıi Rqiilııın." Bcginılnlı bclizıu ıııcııyanıbııl tanggııııg jawab _vang bcsar itu saınbil _ıuga bcrkaıı "Demi Allah. sunggıılı :ıku Iidak nıcmiııla urusaıı ini scdikitpıııî. halk derman scıııbuııyi-scıııbunyi maupuıı dcngaıı ıcraı _v rcraııgaıı." lvlcııjadi scoraııg pcmiıııpiıı nıcmang ıidak scmudalı ıncngııcapkaıı amu ıncııdcfcııisikaıı- uyu. San-gm bcsnr mııggtıııg jawnb ynııg Imrus dieıııban sclama proses dan seıclalıııya sanıpai di :ıklıirzıt kclak. Mungkiıı kartına iıu juga Umar Bin Abdul Aziz ıııcııaııgis. bcliaıı sudur bctapa lcmalı diriııya yan-g Iımıyn scbngni scomng lıaıııba yaııg tak puııya kckuataıı apa-apa dan saııgat Iakut dan klıawmir tak bisa ıncmpcrıaııg- gungiau :ıbkan aınuııalıııya itu. Kisalı Icrscbut dalaın baııyak kcscıııpamıı diulzıs umuk ıııcmbaııdiııgkarı bcmpa bcrbc~ dunya sikzıp Umar Bin Abdul Aziz deııgaıı pe› mimpiıı sckarzıııg di bcrbagai bldang y'aııg bcgılıı lcrpilih ıncıııadi pcmiınpin. nıalalı mc- mililı bersenaııgnseııaııg daıı berbanu a diri. NU pıın dalam bcbcrapa balıısul ınzısaıl ›ı va ıııcm› balıas ıııazısalalı ini. dan yaııg lcbilı banyak diko- mcmari :ıdzılalı mcngcnai pcmimpiıı-pcnıiıııpin di luar NU. Scdaııgkaıı uııtuk di dalaııı tubulı NU scııdirı', pcıııbalıasaıı scpcrıinya bolum snmpai di sana. Bagaiıîıana mau ıııcmbalms ıncngcııai hal ini. jikzı unıuk ıncııcari pcmiıııpiıı di dalanı NU rasaııya bcgiuı suliı? "Orang NL' inı sulit umuk bisa Icrpililı mcn- jadi pcıııiıııpiıı." Bcgitıı kim-kim kala snlzılı satu rckaıı yang scring diulaııg-ıılaııg. Mama ııuıııgkiıı dari l43 juıcıjıwa (iumlalı nalıdliyiıı ıııcıuınıt survcy lııdoßaromctcr mhuıı 2000) lidnk ada ynng bisa _indi pcmiıııpiıı, ini lml yaııg nıusmlıil. Pcrııyaıaaıı itu bukaıı karcna !ak ada ıınlıdliyiıı ynııg punyzı konıpctcıısi ıınluk mcnjadi pcmiıııpiıı. tapi karcna lıal laiıı yaııg nıcııjadi budcıya dan zıjzıraıı dulum NU scndiri. Oraııg NU tak bisa ıcrpilih ıııcnjadi pcmiıııpin kartım banyak dari ıııcrckzı ynng lak ınaıı nıcnuwarkaıı diri ıncnjndi pcmiıııpiıı. Dzılzıııı konscp sislcııı demokrasi kim sam ini. unuık dipililı ıııcııjadi scoraııg pcmiıııpiıı. scscoraııg iıu agnr tcrpiliIL hzırus ıcrlcbilı dalıulıı nıcııaıııpakkaıı dirinya kc dcpaıı unıum. dcngan cnm ıncnuııjlıkknn diriııya iııgin dipililL alau nıcııdaftar scbagai caloıı pcmiıııpin. Proses dan Izılmp iııilzıh yaııg suliI hagi nalıdliyln. Sifut ıauradtf nıcnjadi lhklor mama yan-g aklıirııya nıcmhum ııalıdlişriıı mc- ıııuıııskaıı umuk ıidak ıııcııdaftarkaıı diriııyzı ıııeııjadi calon peıniıııpiıı :ıtau umuk tidak me› ıızıınpukkaıı dirinya kc dcpan uınuııı. Sifal rcııdnlı dırı. mcrnszı pnsli ada yang lcbih bnik. ıııerasa mk sanggııp ıııenaııggııng bebaın ıııcrasa mk cnak dcngnn yaııg Icıin. ıncrasn tak panıas ıncrriudi pcmiıııpiıı. Hal iııilalı yang Wncııghaıııbaı' nnlıdliyin umuk nıcnjadi scoraııg pcıııiıııpiıı. Kata ıııcııglıaıııbar di siııL Icmu Iidnk sclnlu bersifaı negatif_ karcna mwadu` scjaıinya ıncmang sifat yaııg diajar- kan dan ıııcııjadi kclıamsan dcılcım lslnııı.
  • 2. Efeknyalah yang menjadi negatif ketika tawadu' tidak dipraktekkzm secara propor- sional yang mengakibatkan karenanya suatu kelompok malah dipimpin olch orang yang dholim atan dari kelompok Iain yang memi- liki tnjuan tenentu yang tidak meınbawzı rahmat bagi sckalian alam. Sifat tawadu` harus dipraktekkan sccara proporsional klıususnya dalam kcpcınimpinan ini. Maka tak salah, jika pcnıimpin yang ada saat ini lcbih banyak yang ıncmcııtiııgkan diri dan kclompoknya scndiri atzıu scbcnarnya tidak ıncmiliki jiwa dan kcmampuan mc- mimpin yang cukup. Hal ini karcna, orang yang mcmiliki ilmu, orang yang memiliki jiwa dan kcmaınpuan lcadcrship (kcpemimpinaıı) justru tcrperzıngkap dzılzım jcbakzın "rendah diri yang berlebihan". Menurut penulis, seandaınya banyak orang NU - yang benar-benar memegang teguh aiaran ıılama dan pesantren - berani menjadi pemiınpin, maka suatu organisasi, dari yang kecil sampai basar, pastinya (insyaAllalı) akan Iebih banyak nıanfaat yang bisa dirasakan, baik olch organisasi itu sendiri ataupun olch orang- orang disekitarnya. Bukankah hanya NU yang dcııgan tcgas tetap mcıııegang prinsip dan tcrus ıncmpraktckkan "Islam yang rahmatan lil alamin. Maka, marilzıh kita gunakan tawadu' lcbih untuk mcııiadi pcnguat kita, karcna bcgitu lc- malınya kita, maka mari pcrcayakan balıwa Allah akan membzıntu kita. Bukan scbagai pcnghambat, tapi scbagai faktor pcnambalı kcyakirıan, bzıhwa dcngan mengilcuti zıjaran para ulamzı, bcrsama Allah, kita nzıeııjadi kuat FLASH N EWS KMNU DAY : Menunıbuhkan rasa Kebersamaan yang Kuat Pada penghujung periode kepenguru- salı 2014-2015 ini, KMNU IPB menga- dakan event yg ınengumpulkan semua elemen dari anggota, pengurus, dan alumni. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Minggu (22/2) bcrtcmpzıt di Iapan- gaıı rektorat lPB. Kegiatan ini bertujuaıı untuk mengumpulkan kembali sclurulı civitzıs KMNU IPB dalam satu scmangat, sena mcrckatkan keıııbali rasa kckcluar- gaan sudah yang terialin agar lcbih sincr- gis. Kcgiataıı ini juga bcrtujuan mclatih jiwzı wiraııszıha KMNU dan kepedulian Ğ C Hzınya yang mcrasakan pcngorbanau yang akan tctzıp bcrtzıhan di KMNU". ( M.Zı`ııızuzıııl Adlı) kepada lingkungan melalui gcrakan- gerûkan Yallg dlgalaka" basama- (M.Arifın). HASIL KAMAN Imam Mnslıonef pcngarang kitab (Tzflimul ınutzfalim) menyampaikan bahwa ınempclajari ilmu yang dibutuhkan pada saat-saat tertcntıı hukumnya Fardlıu Kifayah. Pun ınempclaiari ilmu yang dibutııhkan pada saat-saat tcrtcntıı itu lııksana obat, dalam anian dibcrlzıkukan pzıda saat tertentu saja. Imam Mushonef dalam kitab ta`limtıl muta`alim mendefınisikan ilmu sebzıgai kondisi sedcmikian rupa yung dimiliki sescorang schingga ınenjadi jclas apa yang dikctahuinya. Imam Abu Hanifah mcııdcfınisikan fıqih scbagi pcngctahuan tcntaııg hal yang berguna dan mcıııbahayakan bagi diri scndiri. Dan tiada :Lrti stıatu ilmu untuk diamalkan. (Kajian Fiqih Sholat Klıout) is a pray which is speciallcd by imam mushonncf , kzırcna didalnm mclaksanakaıı Sholat Khouf tcrdapat rasa khawatir atatı kctakutan (tckanan karcnıı situzısi dalam kcadzızın perang) yaııg tidzık di tcmtıkan dalam sholat fzırdhu yang lainnyzı. Sholat khouf itu ada bcberapa cara dalam ınclaksanakannya scpcrti yang dijelaskan dalam kitab "Shohih Imam Muslim" dan Imam Mushonef (Pcngarang Kitab Fathul-Qarib) mcmbaginya mcııjadi 3 hal, Yang penama, saat musuh berada di sclain arah kiblat denganjumlah orang muslimin lebih besar dari pada jumlah musuh. Kedua, Saat nıusuh berada di arah kiblat dengan kondisi medan peperangan di daerah yang terbuka (padang pasir). Dan ketiga, saat peperangan sudah tak bisa dihindan' lagi dimana kendisi peperangan benar-benar terjadi. (Wallahu adam) (kılah Fzıtlıul Qanb dan KİMİ! tadunul Mutzfalim) kaiıiuı KİVINILIPB (Ifnode AGH lal IIjıuIfaI 1345-2030 #divlmjirııı dan pelesrmiıııı tıadisi Keseruan KMNU Day berlarıjut dengan games dan outbond. Yel-yel, _jargon serta czında tawa membahana mewumai games yang sedang berlangsung. Selain bersenang-senang, di- sisipkan j uga penampilan battle lıadroh antar angkatan. l-lal ini dilakukan untuk tetap mcııı- pertahankan ciri klıas KMNU lPB yg selama ini telalı dikenal masyarakat lPB lewat hadi-oh, disamping itujuga untuk melihat potensi-poteıısi hadroh pada angkatan baru. Tidak lupajuga sharing-sharing bersama alumni, saling berbagi seınaııgat dan nasihat. Mengutip kata-kata salah seorang pengurus KMNU IPB pada sesi ini "Orang NU harus bersyukur dan bangga menjadi NU karena NU adalah gambaran Islam yg tumbuh bersama kearifan lokal Indonesia, untuk itu NU perlu diperjuangkan, saya baııyak belajar dari KMNU" (irfan Sofyan, Matematika IPB). KMNU rıımah yang hangar untuk berteduh. menempa dan mem- perbaiki diri. memupuk keberszımaan, ınenggali potensı, serta tempat mengaji dan memper- tzıhankan tradisi (Nur Afîfuh). MUTIARA HIKMAH ğ Imam Syafi'i Abdullah bin Mqs'ud %45? %3(- C( Pcrdalanılah ilmu agama sebe- luın kau mcnjadi pcmimpin, karcna saat kau mcnjadi pcmiınpin maka tak ada lagi waktu untuk mcııdalaıni ilmu" "Barangsiapa mcngqjar kckuasaaıı, ia akan lari darinyzı. Jikzı tcrjadi scsuzıtu izı akan Iupa tcrhadap ilmu." Ü( "Jangan ada dari kalian taklid kepada sia- papun dalaın pcrkara agama schingga bila ia bcriman (kaınu) ikut bcriman dan bilzı ia kafir (kamu) ikut pula kafir. J ika kamu ingin bcrtcladan, ambillah contoh orang-orang yang tclah mati, scbab yang mzısih hidup tidak aman dari fîtnah”.

Related Documents