“POLINDES”
Kebidanan Komunitas
1.Lindarti Marsiyah
2.Ryan Aribah
3.Mechasari
Kel 1
Pengertian
Polindes
Pondok bersalin desa
(polindes) adalah salah satu
bentuk peran serta
masyarakat dalam
menyediakan temp...
Latar Belakang Terbentuknya
Polindes
1. Menurunkan Angka Kematian
Bayi (AKB) dan Angka Kematian
Ibu (AKI).
2. Keterbatasan...
Tujuan
Umum : untuk memperluas
jangkauan, meningkatkan mutu dan
mendekatkan pelayanan KIA/KB
kepada masyarakat desa.
Khu...
a. Tersedianya bidan di desa yang bekerja penuh
untuk mengelola polindes.
b. Tersedianya sarana untuk melaksanakan tugas
p...
c. Memenuhi persyaratan rumah sehat, antara lain
penyediaan air bersih, ventilasi cukup, penerangan
cukup, tersedianya sar...
Fungsi polindes :
 Sebagai tempat pelayanana
kesehatan ibu dan anak juga
KB.
 Sebagai tempat
pemeriksaan kehamilan dan
p...
Kegiatan polindes
1. Pemeriksaan kehamilan,termasuk
pemberian imunisasi pada ibu
hamil, deteksi dini resti
kehamilan.
2. M...
6. Mendeteksi dan memberikan
pertolongan pertama pada
kehamilan dan persalinan
yang resti baik bagi ibu
maupun bayinya.
7....
a.Fisik
b.Tempat tinggal bidan di desa
c.Pengelolaan polindes
d.Cakupan persalinan
e.Sarana air bersih
f. Kemitraan bidan ...
Polindes Lindarti Marsiyah KEBIDANAN Unmuh Ponorogo
Polindes Lindarti Marsiyah KEBIDANAN Unmuh Ponorogo
Polindes Lindarti Marsiyah KEBIDANAN Unmuh Ponorogo
of 13

Polindes Lindarti Marsiyah KEBIDANAN Unmuh Ponorogo

Polindes matak kuliah kebidanan semester IV
Published on: Mar 4, 2016
Published in: Healthcare      
Source: www.slideshare.net


Transcripts - Polindes Lindarti Marsiyah KEBIDANAN Unmuh Ponorogo

  • 1. “POLINDES” Kebidanan Komunitas 1.Lindarti Marsiyah 2.Ryan Aribah 3.Mechasari Kel 1
  • 2. Pengertian Polindes Pondok bersalin desa (polindes) adalah salah satu bentuk peran serta masyarakat dalam menyediakan tempat pertolongan persalinan dan pelayanan kesehatan ibu dan anak lainnya,termasuk kb di desa (depkes ri, 1999) polindes dirintis dan dikelola oleh pamong desa setempat.
  • 3. Latar Belakang Terbentuknya Polindes 1. Menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Ibu (AKI). 2. Keterbatasan pelayanan di posyandu. 3. Mendekatkan serta memeratakan yankes kepada masyarakat sehingga ditempatkan bidan desa. 4. Tugas pokok bidan di desa.
  • 4. Tujuan Umum : untuk memperluas jangkauan, meningkatkan mutu dan mendekatkan pelayanan KIA/KB kepada masyarakat desa. Khusus : meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan ANC dan partus normal di tingkat desa, meningkatkan pembinaan dukun bayi oleh bidan desa. Meningkatkan kesempatan konsultasi dan penyuluhan kesehatan bagi ibu dan keluarga. Meningkatkan yankes bayi dan anak sesuai dengan kewenangannya.
  • 5. a. Tersedianya bidan di desa yang bekerja penuh untuk mengelola polindes. b. Tersedianya sarana untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi Bidan, antara lain bidan kit, IUD kit, sarana imunisasi dasar dan imunisasi ibu hamil, timbangan, pengukur Tinggi Badan, Infus set dan cairan D 5 %, NaCl 0,9 %, obat - obatan sederhana dan uterotonika, buku-buku pedoman KIA, KB dan pedoman kesehatan lainnya, inkubator sederhana. Persyaratan polindes :
  • 6. c. Memenuhi persyaratan rumah sehat, antara lain penyediaan air bersih, ventilasi cukup, penerangan cukup, tersedianya sarana pembuangan air limbah, lingkungan pekarangan bersih, ukuran minimal 3 x 4 m2. d. Lokasi mudah dicapai dengan mudah oleh penduduk sekitarnya dan mudah dijangkau oleh kendaraan roda 4. e. Ada tempat untuk melakukan pertolongan persalinan dan perawatan postpartum minimal 1 tempat tidur.
  • 7. Fungsi polindes :  Sebagai tempat pelayanana kesehatan ibu dan anak juga KB.  Sebagai tempat pemeriksaan kehamilan dan pertolongan persalinan.  Sebagai tempat untuk konsultasi, penyuluhan dan pendidikan bagi masyarakat, dukun bayi dan kader
  • 8. Kegiatan polindes 1. Pemeriksaan kehamilan,termasuk pemberian imunisasi pada ibu hamil, deteksi dini resti kehamilan. 2. Menolong persalinan normal dan resiko sedang. 3. Memberikan yankes pada ibu nifas dan menyusui. 4. Memberikan yankes pada neonatal, bayi, balita, anak pra sekolah, imunisasi dasar pada bayi. 5. Memberikan pelayanan KB.
  • 9. 6. Mendeteksi dan memberikan pertolongan pertama pada kehamilan dan persalinan yang resti baik bagi ibu maupun bayinya. 7. Menampung rujukan bagi dukun bayi dan kader kesehatan. 8. Merujuk kelainan ke fasilitas kesehatan yang lebih mampu. 9. Melatih dan membina dukun bayi maupun kader. 10. Mencatat dan melaporkan kegiatan yang dilaksanakan pada puskesmas
  • 10. a.Fisik b.Tempat tinggal bidan di desa c.Pengelolaan polindes d.Cakupan persalinan e.Sarana air bersih f. Kemitraan bidan dan dukun bayi. g.Dana sehath. Kegiatan KIE untuk kelompok sasaran Indikator Polindes

Related Documents