Membangun
Ketahanan Diri
Terhadap Narkoba
Ketahanan diri merupakan pandangan
seseorang tentang dirinya sendiri.
Seseorang dinamakan mempunyai self
esteem apabila...
AlasanMengapa remaja menyalahgunakan narkoba :
 Budaya mencari kenikmatan sesaat (hedonostik
 Kepribadian remaja terse...
Karakteristik remaja yang memiliki ketahanan diri terhadap
penyalahgunaan narkoba:
 memiliki sikap dan perilaku proakti...
Karakteristik remaja yang memiliki ketahanan diri terhadap
penyalahgunaan narkoba:
1. Memiliki sikap dan perilaku proakt...
Cara membangun ketahanan diri terhadap penyalahgunaan narkoba:
1. Menghargai diri sendiri dengan cara:
Mengetahui keleb...
Peran, Tanggung Jawab, dan Cara
Orang Tua Dalam Mendidik Anak
Mereka
Komunikasi adalah sesuatu hal yang sangat penting dalam
kehidupan manusia, khususnya di dalam kehidupan
berkeluarga. Kom...
Selain memberikan kasih sayang, perhatian, dukungan,
menanamkan dasar agama, contoh, dan komunikasi yang
baik, hal yang ...
PERAN PEMUDA
Penting sekali menumbuhkan kesadaran akan bahayanya
penyalahgunaan narkoba, sehingga paling sedikit dapat
...
of 10

Membangun Ketahanan Diri Terhadap Narkoba

Membangun Ketahanan Diri Terhadap Narkoba
Published on: Mar 3, 2016
Published in: Education      
Source: www.slideshare.net


Transcripts - Membangun Ketahanan Diri Terhadap Narkoba

  • 1. Membangun Ketahanan Diri Terhadap Narkoba
  • 2. Ketahanan diri merupakan pandangan seseorang tentang dirinya sendiri. Seseorang dinamakan mempunyai self esteem apabila ia meberikan penilaian yang tinggi, layak dan positif terhadap dirinya sendiri.
  • 3. AlasanMengapa remaja menyalahgunakan narkoba :  Budaya mencari kenikmatan sesaat (hedonostik  Kepribadian remaja tersebut  Tekanan kelompok sebaya  Keterasingan remaja Stress  Rasa tidak aman dan penilaian diri rendah
  • 4. Karakteristik remaja yang memiliki ketahanan diri terhadap penyalahgunaan narkoba:  memiliki sikap dan perilaku proaktif untuk mengatasi masalah, yang memungkinkan mereka untuk mencari jalan keluar terhadap masalah yang dialaminya. Memiliki kemampuan untuk memperoleh perhatian positif baik dari keluarga maupun dari orang lain dengan menunjukkan hal – hal yang positif, seperti aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler di sekolah, dan lain – lain. Memiliki kekuatan untuk memelihara pandangan hidup yang positif dan bermanfaat seperti hidup sehat, berguna, dan berprestasi. Memiliki kemampuan untuk menghindari kecenderungan yang negatif misalnya berani mengatakan “tidak” ketika ada teman yang menawarkan narkob Memiliki perilaku yang fleksibel dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya.
  • 5. Karakteristik remaja yang memiliki ketahanan diri terhadap penyalahgunaan narkoba: 1. Memiliki sikap dan perilaku proaktif untuk mengatasi masalah,yang memungkinkan mereka untuk mencari jalan keluar terhadap masalah yang dialaminya. 2. Memiliki kemampuan untuk memperoleh perhatian positif baik dari keluarga maupun dari orang lain dengan menunjukkan hal – hal yang positif, seperti aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler di sekolah, dan lain lain. 3. Memiliki kekuatan untuk memelihara pandangan hidup yang positif dan bermanfaat seperti hidup sehat, berguna, dan berprestasi. 4. Memiliki kemampuan untuk menghindari kecenderungan yang negatif misalnya berani mengatakan “tidak” ketika ada teman yang menawarkan narkoba. 5. Memiliki perilaku yang fleksibel dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya.
  • 6. Cara membangun ketahanan diri terhadap penyalahgunaan narkoba: 1. Menghargai diri sendiri dengan cara: Mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri Belajarlah menjadi lebih tegas Belajarlah mengatakan hal – hal yang positif kepada dirimu sendiri. ini merupakan langkah penting menuju kehidupan masa depan. Bertanggung jawab terhadap perilakumu yang baik dan yang buruk serta menerima konsekuensinya 2. Menghargai orang lain atau teman secara wajar. 3. Menyadari bahwa setiap orang berbeda 4. Berkomunikasi dengan keluarga 5. Menjaga nama baik keluarga
  • 7. Peran, Tanggung Jawab, dan Cara Orang Tua Dalam Mendidik Anak Mereka
  • 8. Komunikasi adalah sesuatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, khususnya di dalam kehidupan berkeluarga. Komunikasi yang baik dapat mempengaruhi pertumbuhan pembentukan karakter si anak. Kesempatan si anak dalam menggunakan narkoba akan sangat kecil apabila orang tua berperan aktif dalam setiap pertumbuhannya. Perlu dimulai komunikasi yang aktif dan membangun sejak dini, karena jika ada kekhawatiran yang tidak disertai komunikasi yang membangun akan membuat seorang anak menjauh dari lingkungan ter-dekatnya (keluarga). Mereka perlu diberikan percaya diri sehingga mereka tidak perlu mencari kepercayaan diri mereka di luar lingkungan terdekat (lingkungan pergaulan mereka).
  • 9. Selain memberikan kasih sayang, perhatian, dukungan, menanamkan dasar agama, contoh, dan komunikasi yang baik, hal yang juga dapat dilakukan orang tua untuk bisa melaksanakan peran dan tanggung jawabnya sebagai berikut :  Orang tua menjadi panutan  Orang tua menjadi teman diskusi dan sumber informasi bagi anak tentang segala hal  Orang tua perlu menggali potensi anak untuk dikembangkan melalui berbagai macam kegiatan  Orang tua perlu mengontrol kegiatan anak  Orang tua perlu mengenal teman-teman anak
  • 10. PERAN PEMUDA Penting sekali menumbuhkan kesadaran akan bahayanya penyalahgunaan narkoba, sehingga paling sedikit dapat memproteksi diri dari pengaruh luar (ajakan teman). Penting sedikit mengenal dan memahami apa itu narkoba, agar tahu mana sesuatu yang berbahaya sehingga memperkecil diperdaya orang. •Menjadi yang terdepan dalam keluarga untuk menghidarkan anggota keluarga dari bahaya penyalahgunaan narkoba •jangan sebaliknya menjadi pelaku. •Menumbuhkan gagasan-gagasan dalam bentuk kegiatan positif (kreatif) yang dapat mengalihkan perhatian teman-teman sebaya untuk terpengruh oleh narkoba. •Dapat menjadi mitra aparat, setidaknya sebagai informasi terhadap indikasi penyalahgunaan narkoba.