Apa yang anda bayangkan tentang ini?
PRESIPITASI
Presipitasi adalah peristiwa
jatuhnya air baik dalam
bentuk cair maupun beku
dari atmosfer ke permukaan
bumi.
Bentuk-bentuk Presipitasi
1. Salju
Bentuk presipitasi dari air
beku, yang biasanya berbentuk
kristal hexagon bercabang
ata...
3. Glazze(Hujan Beku)
Bentuk Presipitasi yang terjadi
apabila lapisan udara yang
dinginj dan membeku waktu
mencapai tanah....
Bentuk-bentuk Presipitasi
5. Orizzle (Gerimis)
Presipitasi berbentuk cair
dengan butiran sangat kecil
dan hampir seragam.
...
Jenis-jenis Hujan
berdasarkan proses terjadinya
Hujan Zenithal
Hujan yang sering terjadi di
daerah sekitar ekuator (garis
...
Hujan Orografis
hujan yang terjadi karena angin yang
mengandung uap air yang bergerak
horiszontal. Angin tersebut naik
men...
Hujan Frontal
Hujan yang terjadi apabila
massa udara yang dingin
bertemu dengan massa udara
yang panas. Tempat pertemuan
a...
Modifikasi Cuaca
Upaya manusia agar suatu kondidsi cuaca sesuai dengan keinginan
manusia. Banyak ragam-ragam modifikasi se...
THANKS YOU ‫ބ‬
22.Mohammad Tedi Prasetyo
23.Muhammad Hasanudin
24. Muhammad Izzudin Ar-Rifqi
25. Naura Widad Bahira
26. Ni...
of 10

Presipitasi Geografi

Geografi
Published on: Mar 4, 2016
Published in: Science      
Source: www.slideshare.net


Transcripts - Presipitasi Geografi

  • 1. Apa yang anda bayangkan tentang ini?
  • 2. PRESIPITASI Presipitasi adalah peristiwa jatuhnya air baik dalam bentuk cair maupun beku dari atmosfer ke permukaan bumi.
  • 3. Bentuk-bentuk Presipitasi 1. Salju Bentuk presipitasi dari air beku, yang biasanya berbentuk kristal hexagon bercabang atau bintang. 2. Sleet Salju yang mencair atau campuran dari hujan dan salju.
  • 4. 3. Glazze(Hujan Beku) Bentuk Presipitasi yang terjadi apabila lapisan udara yang dinginj dan membeku waktu mencapai tanah. 4. Hailstone(Hujan Es) Presipitasi dalam bentuk bongkahan-bongkahan es berdiameter 5-50 mm. Bentuk-bentuk Presipitasi
  • 5. Bentuk-bentuk Presipitasi 5. Orizzle (Gerimis) Presipitasi berbentuk cair dengan butiran sangat kecil dan hampir seragam. 6. Dew (Embun) Presipitasi terbentuk secara langsung dengan kondensasi yang terjadi di permukaan bumi.
  • 6. Jenis-jenis Hujan berdasarkan proses terjadinya Hujan Zenithal Hujan yang sering terjadi di daerah sekitar ekuator (garis khayal pembagi bumi), akibat pertemuan angin pasat timur dengan angin pasat tenggara. Kemudian angin tersebut naik dan membentuk gumpalan- gumpalan awan di sekitar ekuator yang berakibat awan menjadi jenuh dan turunlah hujan.
  • 7. Hujan Orografis hujan yang terjadi karena angin yang mengandung uap air yang bergerak horiszontal. Angin tersebut naik menuju pegunungan, suhu udara menjadi dingin sengingga terjadi kondensasi (perubahan uap air/benda gas menjadi benda cair pada suhu udara di bawah titik embun) terjadilah hujan di sekitar pegunungan.
  • 8. Hujan Frontal Hujan yang terjadi apabila massa udara yang dingin bertemu dengan massa udara yang panas. Tempat pertemuan atara kedua massa itu disebut bidang front. Karena lebih berat, massa udara dingin menjadi lebih berada di bawah. Disekitar bidang front inilah sering terjadi hujan lebat yang disebut hujan frontal.
  • 9. Modifikasi Cuaca Upaya manusia agar suatu kondidsi cuaca sesuai dengan keinginan manusia. Banyak ragam-ragam modifikasi seperti : penindasan es, melenyapkan kabut, peleraian awan agar tidak terjadi hujan, peleraian siklon, hujan buatan/ hujan rangsangan. Sebelum modifikasi cuaca modern, orang mengharapkan turun hujan dengan pembacaan mantra, tari-tarian dan sebagainya. Teknologi modifikasi cuaca modern dimulai tahun 1946 sejak percobaan pembenihan awan dengan menggunakan es kering ole Vincent Schaster dan Irving Lamgmuir, yang pada tahun berikutnya diteruskan oleh Vonnegut yang menemukan perak India yang bisa bertindak sebagai inti es. Bila kelembapan relatif dalam awan cukup menambahkan garam dapur akan mempercepat proses pembentukan tetes hujan. Bila percepatan vertikal tetes hujan lebih kecil di banding dengan gravitasi maka tetes hujan akan jatuh menjadi hujan. Awan-awan jenis konvektif seperti cumulus merupakan target operasi hujan buatan.
  • 10. THANKS YOU ‫ބ‬ 22.Mohammad Tedi Prasetyo 23.Muhammad Hasanudin 24. Muhammad Izzudin Ar-Rifqi 25. Naura Widad Bahira 26. Nilam Vebri Yanti 27. Nisa Assifa Hakiki 28.Putri Chinta Febriani

Related Documents