Kantong Plastik Atau Tas Keranjang??? Semakin hari dan semakin berkembangnya zaman, banyak perubahan yang terjadipa...
Wulan : :Nggak apa-apa dong, ini kan juga bermanfaat untuk semuanya…”Irma : “Haa…maksudnya apa..???” (Bin...
Santi : “Ok,,mulai sekarang, marilah kita jaga bumi kita mulai dari melakukan hal terkecil, karena ha...
of 3

Naskah drama (global warming)

Published on: Mar 3, 2016
Published in: Education      
Source: www.slideshare.net


Transcripts - Naskah drama (global warming)

  • 1. Kantong Plastik Atau Tas Keranjang??? Semakin hari dan semakin berkembangnya zaman, banyak perubahan yang terjadipada bumi kita. Ini disebabkan karena ulah manusia sendiri yang merusak lingkungan sekitar.Namun, banyak hal yang dapat kita lakukan untuk membuat lingkungan kita seperti sediakala. Salah satunya dengan membawa tas keranjang ketika berbelanja. Suatu hari, di perjalanan pulang dari pasar, Santi dan Wulan bertemu dengan Nasyadan Irma.Wulan : “Hei, kalian dari mana??” (Sambil memperhatikan yang dibawa Irma dan Nasya)Irma : “Apa nggak liat, nih,,kami bawa banyak kantong…”Nasya : “Ya dari pasarlah…..gimana, sih..!!!”Santi : “Iiihh,,sinis amat, sih, kita kan cuma nanya…” (Kesal) Kami juga dari pasar…”Nasya : “Yee,,,siapa yang nanya…???”Santi : “Nggak kok, Cuma mau bilang aja….Hmmm….”Wulan : “Sudah, sudah…kok jadi bertengkar, sih…” (Bingung)Santi : “Tuh,,dia yang duluan….” (Menunjuk ke arah Nasya)Nasya : “Yee,,enak aja….kan kalian duluan…”Irma : “Ahh,,sudah, kok malah makin ribut…” (Berusaha melerai Santi dan Nasya)Nasya & Santi : “Iya,,iya…” Sambil berjalan menuju ke terminal kota, mereka asyik membicarakan tentangbarang-barang yang mereka beli sewaktu di pasar. Setibanya di terminal, mereka menaikiangkot tujuan 24, yang akan mengantarkan mereka pulang ke rumah masing-masing.Nasya : (Di dalam angkot) “Ehh,,kalian kok kayak ibu-ibu, pakai tas keranjang gitu….”Wulan : “Kami kan juga dari pasar…”Irma : “Tapi kan nggak perlu sampai bawa tas kayak gitu…enakan pakai kantong plastik, gini, kan lebih praktis…”Santi : “Kenapa..??? kan ini lebih praktis dan ramah lingkungan,,daripada pakai kantong, habis dipakai langsung dibuang…”Nasya : “Tapi, kan, repot, sebelum belanja aja, udah bawa tas kemana-mana…”
  • 2. Wulan : :Nggak apa-apa dong, ini kan juga bermanfaat untuk semuanya…”Irma : “Haa…maksudnya apa..???” (Bingung)Wulan : “Kalian nggak pernah dengar,, plastik itu kan tidak bisa terurai, dan butuh waktu kira-kira 100 tahun untuk bisa terurai….Jadi, kalau dibakar,,malah asapnya bisa menyebabkan polusi, itu akan menyebabkan global warming…”Irma : “Masa, sih..???”Santi : “Iya, dong…apa kalian nggak tau perkembangan zaman,,sekarang tuh,,lagi heboh-hebohnya orang berusaha mencari cara untuk mengurangi global warming, salah satunya,,ya,,ini….” (Sambil menunjukkan tas keranjang ditangannya)Nasya : “Ow,,ow…sampai segitunya,,ya…? Emangnya banyak manfaat memakai tas keranjang itu…..?”Wulan : “Tentu….dengan memakai tas keranjang ini, sampah-sampah kantong plastik yang sudah tidak dipakai jadi berkurang dan menyelamatkan lingkungan kita, juga lebih enak membawanya…”Irma : “Oh, gitu…Hmm,,pikir-pikir dulu, deh, mau pakai tas kayak gitu…”Santi : “Hellooo…kenapa harus pikir-pikir lagi…ini juga demi bumi, orang lain dan dirimu sendiri…”Nasya : “Sampai segitunya, ya…”Santi : “Ya, iyalah…masa ya, iya dong…”Wulan : “Makanya, kalo ke pasar, tuh, pakai tas keranjang, deh…jangan pakai kantong plastik lagi…kalian nggak mau kan bumi kita rusak…???”Irma : “Insya Allah deh, kalau nggak lupa…”Santi : “Harus, dong….ini penting untuk kehidupan kita !!!”Nasya : “Iya,,iya…bawel…” (Suasana hening sejenak) Tidak lama kemudian, angkot akhirnya berhenti di depan rumah mereka. Dankebetulan rumah mereka tidak terlalu jauh satu sama lain, mereka berempat pun memutuskanuntuk turun bersama.Wulan : “Sekali lagi ingat, ya…cegah global warming dari sekarang, mulai dengan menggunakan tas keranjang saat berbelanja…”Irma : “Okelah kalau begitu….”
  • 3. Santi : “Ok,,mulai sekarang, marilah kita jaga bumi kita mulai dari melakukan hal terkecil, karena hal yang kecil akan membawa perubahan yang lebih besar untuk bumi…”Nasya : “Hmm,,,makasih deh atas infonya…kalau gitu, kita duluan, ya…Daa…”Wulan : “Ok,,daa…” (Sambil menuju rumah masing-masing) Hal yang kecil akan membawa perubahan yang lebih besar, seperti membawa taskeranjang saat berbelanja. Walaupun dianggap remeh, tetapi manfaat dari tas keranajng itusendiri salah satunya dapat mengurangi limbah plastik dan hal itu akan mencegah globalwarming.