Istin (11)
Naila maftukha z (19)
Charles darwin menggemukakkan bahwa evolusi tersebut dapat
terjadi dikarenakan adanya seleksi alam. Seleksi alam menurut
C...
1.Lebih baik untuk keturunan yang dihasilkan dari pada harus
dapat benar-benar mampu bertahan hidup
2.Dalam suatu spesies ...
Aristoteles, menurutnya evolusi tersebut dapat terjadi
dengan didasarkan pada suatu metafisika alam. Metafisika alam
ialah...
Dalam bukunya yang berjudul “Natural Thurology” william paley
ini berpendapat ialah bahwa kekomplex makhluk hidup ialah
su...
16 April 1788) adalah seorang naturalis, matematikawan,
kosmolog, dan penulis ensiklopedia Perancis.
Karyanya mempengaruhi...
Dalam bukunya yang berjudul "Zoonomia or The Laws of Organic Life,
Evolusi terjadi pada sebuah makhluk hidup (Evolusi orga...
Jean Baptiste Lamarck (1774-1829) adalah seorang ahli biologi dari
Perancis yang membuat suatu teori mengenai makhluk hidu...
TEORI EVOLUSI MENURUT JEAN BAPTISE LAMARCK
Lamarck mengatakan bahwa evolusi diakibatkan oleh perubahan
sifat yang diwarisk...
Teori yang di kemukakan Darwin sangat dipengaruhi oleh hal-hal berikut:
• Ekspedisinya ke kepulauan Galapagos (Galapagos =...
Kesimpulan :
Perbedaan penting antara teori Lamarck dan
Darwin terjadi pada penjelasan variasi dalam
populasi. Pada penjel...
Bukti Fosil
Fosil merupakan catatan sejarah kehidupan paling penting. Kata fosil
berasal dari bahasa latin, fodere, artiny...
Bukti dari Biokimia dan Genetika
Genetika modern juga memberikan bukti kuat adanya evolusi.
Semua makhluk hidup menggunaka...
1) Isolasi ekogeografi
Bila dua populasi terpisah oleh hambatan fisik sehingga sulit
untuk berhubungan, maka masing-masing...
4) Isolasi perilaku
Isolasi perilaku, yaitu isolasi reproduksi yang terjadi apabila dua
spesies simpatrik mempunyai pola t...
8) Ketidakmampuan hidup suatu hibrida
Beberapa jenis populasi simpatrik dapat melakukan perkawinan.
Pembuahan maupun pembe...
Spesies adalah pembentukan dua atau lebih spesies dari satu
spesies yang telah aada atau telah punah.spesies merupakan
pun...
 3.polioplidi
 Mekanisme ketiga yang dapat menimbulkan
spesiasi adalah polioplidi . Mekanisme polioplidi
terjadi secara ...
Nama kelompok naila ,dina,istin
Nama kelompok naila ,dina,istin
Nama kelompok naila ,dina,istin
Nama kelompok naila ,dina,istin
of 22

Nama kelompok naila ,dina,istin

ppt biologi
Published on: Mar 3, 2016
Published in: Education      
Source: www.slideshare.net


Transcripts - Nama kelompok naila ,dina,istin

  • 1. Istin (11) Naila maftukha z (19)
  • 2. Charles darwin menggemukakkan bahwa evolusi tersebut dapat terjadi dikarenakan adanya seleksi alam. Seleksi alam menurut Charles Darwin tersebut ialah didasarkan kepada hasil dari observasi yang dibuatnya yaitu :
  • 3. 1.Lebih baik untuk keturunan yang dihasilkan dari pada harus dapat benar-benar mampu bertahan hidup 2.Dalam suatu spesies tersebut tidak ada individu yang identik (sama) dikarenakan ialah selalu terjadi suatu variasi dan juga beberapa individu yang mempunyai sifat-sifat yang cocok dengan kondisi lingkungan yang terdapat dibandingkan individu yang lainnya. 3.Setiap populasi tersebut pada umumnya akan bertambah terus dikarenakan reproduksi Pertambahan populasi dibatasi faktor- faktor pembatas yang membuat kenaikan populasi tidak berjalan mulus Adanya seleksi alam yang dapat membuat setiap individu tersebut harus beradaptasi terhadap lingkungannya, dan yang berhasil hidup tersebut akan dapat mewariskan sifat- sifat keturunannya.
  • 4. Aristoteles, menurutnya evolusi tersebut dapat terjadi dengan didasarkan pada suatu metafisika alam. Metafisika alam ialah mengubah organisme dan juga habitatnya dari bentuk yang sederhana ke dalam bentuk yang lebih kompleks.
  • 5. Dalam bukunya yang berjudul “Natural Thurology” william paley ini berpendapat ialah bahwa kekomplex makhluk hidup ialah suatu bukti kerja sama sang pencipta.
  • 6. 16 April 1788) adalah seorang naturalis, matematikawan, kosmolog, dan penulis ensiklopedia Perancis. Karyanya mempengaruhi dua generasi naturalis berikutnya, termasuk Jean-Baptiste Lamarck dan Georges Cuvier.
  • 7. Dalam bukunya yang berjudul "Zoonomia or The Laws of Organic Life, Evolusi terjadi pada sebuah makhluk hidup (Evolusi organic) termasuk manusia dan juga percaya bahwa karekteristik yang diperolah orang tua kepada keturunannya.
  • 8. Jean Baptiste Lamarck (1774-1829) adalah seorang ahli biologi dari Perancis yang membuat suatu teori mengenai makhluk hidup yang sederhana dengan yang modern mamiliki suatu hubungan asal- muasal. Teori Lamarck dikenal dengan paham "use and disuse" dari buku Philosophie Zoologique yang sudah tidak dapat diterima alias gagal.
  • 9. TEORI EVOLUSI MENURUT JEAN BAPTISE LAMARCK Lamarck mengatakan bahwa evolusi diakibatkan oleh perubahan sifat yang diwariskan karena makhluk hidup selalu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. yang diperoleh dari nenek moyangnya. CONTOH
  • 10. Teori yang di kemukakan Darwin sangat dipengaruhi oleh hal-hal berikut: • Ekspedisinya ke kepulauan Galapagos (Galapagos = kura-kura raksasa). Di tempat ini Darwin menemukan berbagai macam bentuk paruh burung Finch. Terjadinya keanekaragaman ini disebabkan oleh perbedaan jenis makanannya. • Pendapat Charles Lyell dalam bukunya “Principles of Geology“ yang menyatakan bahwa batuan, pulau, dan benua selalu mengalami perubahan. Menurut Darwin peristiwa ini kemungkinan dapat mempengaruhi makhluk hidup. • Pendapat Thomas Robert Malthus dalam bukunya “An Essay on the Principle of Population” yang menyatakan adanya kecenderungan kenaikan jumlah penduduk lebih cepat daripada kenaikan produksi pangan. Hal ini menurut Darwin menimbulkan terjadinya suatu persaingan untuk kelangsungan hidup.
  • 11. Kesimpulan : Perbedaan penting antara teori Lamarck dan Darwin terjadi pada penjelasan variasi dalam populasi. Pada penjelasan Lamarck, variasi terjadi sebagai hasil dari perubahan lingkungan. Sedangkan menurut Darwin, variasi terbentuk dengan sendirinya, bukan sebagai respons terhadap kondisi lingkungan.
  • 12. Bukti Fosil Fosil merupakan catatan sejarah kehidupan paling penting. Kata fosil berasal dari bahasa latin, fodere, artinya menggali. Oleh karena itu, fosil dapat diartikan sebagai sisa-sisa makhluk hidup yang telah membatu atau terperangkap di dalamnya. Fosil yang ditemukan dapat berupa tulangtulang dan jejak yang membatu. Ilmu tentang fosil disebut Paleontologi. HOMOLOGI Struktur fisik makhluk hidup memberikan petunjuk akan nenek moyangnya. Teori evolusi Darwin menyatakan bahwa satu spesies dapat membentuk spesies yang lain. Embriologi Perbandingan Petunjuk evolusi dapat juga ditemukan pada perkembangan beberapa organisme. Perkembangan sel telur yang sudah dibuahi hingga dilahirkan disebut embrio. Adapun ilmu tentang perkembangan organisme ini disebut Embriologi.
  • 13. Bukti dari Biokimia dan Genetika Genetika modern juga memberikan bukti kuat adanya evolusi. Semua makhluk hidup menggunakan kode genetika yang sama dalam menyintesis protein. Kode genetik yang sama menunjukkan bahwa semua makhluk hidup berevolusi dari satu organisme yang menggunakan kode genetika yang sama. jutaan tahun. Oleh karena itu, sangatlah sulit untuk mengamati seleksi di alam liar. Akan tetapi, terdapat satu contoh seleksi alam di alam liar yang tercatat sangat baik. Pada kasus ini, melibatkan evolusi warna sayap pada spesies ngengat iston betularia. Ngengat ini umumnya terdapat di desa-desa Inggris. Pada awal tahun 1850 sebelum terjadi revolusi industri, populasi ngengat sayap putih lebih banyak ditemukan. Jarang sekali ditemukan ngengat warna hitam. Saat itu, jika ngengat putih hinggap pada batang pohon, burung dan predator lain sulit menemukan ngengat tersebut. Warna batang yang cerah menyamarkan ngengat putih. Hal ini berbeda dengan ngengat hitam sehingga ngengat hitam mudah ditemukan oleh predator.
  • 14. 1) Isolasi ekogeografi Bila dua populasi terpisah oleh hambatan fisik sehingga sulit untuk berhubungan, maka masing-masing populasi akan berkembang menyesuaikan diri dengan lingkungannya. 2) Isolasi Habitat Isolasi habitat, yaitu isolasi reproduksi yang terjadi akibat dua populasi simpatrik memiliki habitat berbeda. Contohnya, katak jenis Bufo fowleri habitatnya di air tenang dan Bufo americanus habitatnya di kubangan-kubangan air hujan. 3) Isolasi iklim atau musim Isolasi iklim, yaitu isolasi reproduksi yang terjadi apabila dua spesies simpatrik memiliki masa pemasakan kelamin pada musim yang berbeda.
  • 15. 4) Isolasi perilaku Isolasi perilaku, yaitu isolasi reproduksi yang terjadi apabila dua spesies simpatrik mempunyai pola tingkah laku kawin berbeda. Contohnya, perilaku kawin pada beberapa jenis ikan. 5) Isolasi mekanik Isolasi mekanik, yaitu isolasi reproduksi yang terjadi apabila dua populasi simpatrik mempunyai bentuk morfologi alat reproduksi yang berbeda. 6) Isolasi gamet Isolasi gamet, yaitu isolasi reproduksi yang terjadi apabila dua spesies simpatrik tidak dapat melakukan fertilisasi. 7) Isolasi perkembangan Isolasi perkembangan, yaitu isolasi yang terjadi karena embrio hasil fertilisasi dua spesies simpatrik tidak dapat tumbuh dan segera mati.
  • 16. 8) Ketidakmampuan hidup suatu hibrida Beberapa jenis populasi simpatrik dapat melakukan perkawinan. Pembuahan maupun pembentukan embrio dapat berlangsung, tetapi hibridanya lemah, cacat atau mati sebelum mampu melakukan reproduksi. 9) Kemandulan hibrida Keledai dengan kuda, atau kambing dengan biri-biri dapat dikawinkan dan dapat menghasilkan keturunan. Hibrida yang dihasilkan dapat hidup baik dan normal, tetapi tetap steril atau mandul. 10) Eliminasi hibrida karena seleksi Bisa terjadi dua populasi simpatrik melakukan perkawinan, dapat terjadi pembuahan, terbentuk embrio bahkan mampu menghasilkan hibrida yang fertil.
  • 17. Spesies adalah pembentukan dua atau lebih spesies dari satu spesies yang telah aada atau telah punah.spesies merupakan puncak dari proses evolusi. Spesiasi dapat di sebabkan oleh : 1.Mekanisme pengisolasian adalah beberapa macam penghalang yang secara efektif mencegah terjadinya pertukaran gen antar populasi. 2.Mutasi dan seleksi alam Mutasi yang terjadi pada tiap populasi menghasilkan alela baru dan alam menyeleksi alela berbeda dalam tiap populasi tergantung pada kondisi lingkungan setempat.
  • 18.  3.polioplidi  Mekanisme ketiga yang dapat menimbulkan spesiasi adalah polioplidi . Mekanisme polioplidi terjadi secara mendadak (walaupun jarang).polioplidi adalah suatu individu atau spesies dengan jumlah kromosom lebih dari dua kali jumlah kromosom haploid