Press Release World Memory Championship 2013
30 November – 2 Desember 2013
Croydon, Inggris
Dilaporkan oleh : Yudi Lesmana...
9. Spoken Numbers
Mengingat digit angka acak yang disebutkan dengan interval 1 detik sebanyak 200,300, dan 400
angka ( tig...
Indonesia sebenarnya bisa mengirimkan lebih banyak atlet di kejuaraan ini, namun faktor ketersediaan
dana dan belum banyak...
Perjalanan Mempopulerkan Memory Sports di Beberapa Station TV Nasional
Usaha ini juga tentuya harus sejalan dan didukung p...
Wawancara dengan TV Lokal Inggris
Bersama Tim Filipine
Bersama Ola, Kompetitor dari Norwegia
Salam Hangat,
Yudi Lesmana...
of 5

Press release world memory championship 2013

Hasil dari kejuaraan world memory championship di croydon,inggris serta perkembangan mrmory sports di indonesia
Published on: Mar 4, 2016
Published in: Sports      
Source: www.slideshare.net


Transcripts - Press release world memory championship 2013

  • 1. Press Release World Memory Championship 2013 30 November – 2 Desember 2013 Croydon, Inggris Dilaporkan oleh : Yudi Lesmana (Peserta WMC 2013 asal Indonesia) 22nd World Memory Championship (WMC) 2013 yang diadakan pada 30 November – 2 Desember 2013 telah selesai dilaksanakan. Kompetisi selama tiga hari yang mengadu kemampuan daya ingat antar perwakilan negara ini telah melahirkan juara dunia baru yaitu Jonas Von Essen dari Swedia setelah bersaing ketat dengan juara tahun lalu dari Jerman. Kompetisi ini diikuti oleh 108 atlet memory sport yang berasal dari 33 Negara termasuk Indonesia di dalamnya. GM Yudi Lesmana (membawa bendera) bersama Kepala Pemerintahan Croydon, Inggris pada saat Opening Ceremony WMC 2013 Kompetisi yang dibuka oleh Kepala Pemerintahan daerah Croydon mempertandingkan 10 nomor daya ingat antara lain : 1. Names and Faces Mengingat sebanyak-banyaknya wajah dan nama dalam waktu 15 menit. 2. Binary Numbers Mengingat sebanyak-banyaknya digit angka binary (11001011…) yang diacakdalam waktu 30 menit. 3. Hour Numbers Mengingat sebanyak-banyaknya digit angka yang diacak dalam waktu 60 menit. 4. Abstract Images Mengingat urutan gambar abstrak dalam waktu 15 menit. 5. Speed Numbers Mengingat sebanyak-banyaknya dan secepatnya digit angka yang diacak dalam waktu 5 menit (dua kali percobaan, hasil terbaik yang akan diambil). 6. Historic/Future Dates Mengingat sebanyak-banyaknya tanggal/tahun suatu peristiwa fiktif dalam waktu 5 menit. 7. Hour Cards Mengingat urutan kartu remi yang telah dikocok sebanyak-banyaknya dalam waktu 60 menit. 8. Random Words Mengingat sebanyak-banyaknya urutan kata/benda acak dalam waktu 15 menit.
  • 2. 9. Spoken Numbers Mengingat digit angka acak yang disebutkan dengan interval 1 detik sebanyak 200,300, dan 400 angka ( tiga kali percobaan). 10. Speed Cards Mengingat 1 deck urutan kartu remi yang telah dikocok secepatnya dalam waktu kurang dari 5 menit. Kejuaraan mengingat tingkat dunia ini diadakan setahun sekali dengan memperkenalkan setiap leader dari perwakilan Negara yang mengikutinya dengan membawa serta bendera kebangsaannya. Puluhan media asing meliput kegiatan ini termasuk Channel TV Internasional BBC dan Al Jazeera, Media Cetak Internasional Telegraph dan Times serta media-media dari berbagai Negara lainnya. Ada tiga hal yang diperebutkan dalam kejuaraan ini yaitu Country Point ( berasal dari top 3 atlet yang mengikuti kejuaraan dari masing-masing negara ), Individual Ranking, dan Gelar Grand Master of Memory (dapat dilihat pada website resmi http://www.worldmemorychampionships.com atau http://www.worldmemory-statistics.com/grandmasters.php ). Perwakilan Indonesia Grand Master Memory asal Indonesia yang menjadi satu-satunya peserta dari Indonesia yang bertanding di WMC 2013 ini mencapai hasil terbaiknya pada nomor Names and Faces atau Mengingat Wajah dan Nama dengan mengingat 91 Wajah dan Nama dalam waktu 15 menit yang menempatkan dirinya pada posisi ke-5 dunia pada WMC 2013 (lihat link video http://t.co/2I5RweIOoI via Youtube). Meskipun tidak meraih top 3 pada kejuaraan dunia tahun ini, setidaknya ada 4 rekor nasional baru yang dibuatnya pada WMC 2013 kali ini, yaitu : Mengingat 213 digit angka acak dalam waktu 5 menit, 147 urutan kata dalam waktu 15 menit, 38 peristiwa berikut tahun kejadiannya dalam 5 menit, dan 91 wajah dengan namanya dalam waktu 15 menit. Lewat kompetisi ini World Memory Sports Council (badan memory sports dunia) menempatkan yudi sebagai pengingat no. 1 di Indonesia atau no.4 di Asia tenggara. Indonesia lewat Yudi Menerima Penghargaan dari Tony Buzan, Founder WMC Pada Closing Ceremony WMC 2013 Dengan persiapan dan jam terbang kompetisi yang masih jauh dibawah atlet-atlet dari Negara lain , secara keseluruhan GM yudi harus puas berada di posisi ke-18 dunia pada WMC2013 ini unggul dari Juara Memory USA Ram Kolli, Juara Memory Japan, Italy, India dan lainnya yang memiliki peringkat dunia dibawahnya.
  • 3. Indonesia sebenarnya bisa mengirimkan lebih banyak atlet di kejuaraan ini, namun faktor ketersediaan dana dan belum banyaknya orang yang mengenal olah raga ini di Indonesia yang sementara menjadi penghalang berkembangnya memory sports di Negara kita. Memory Sports di Indonesia World Memory Sports Council (WMSC) adalah badan resmi memory sports dunia yang bermarkas di Inggris telah mengcompile lebih dari 2000 orang atlet memory yang berasal dari lebih 45 negara yang pernah bertanding di kejuaraan mengingat internasional baik di Level Nasional Open, Internasional Open, maupun World event. Indonesia sendiri terdaftar memiliki 10 atlet memory yang perkembangannya tidak telalu diperhatikan oleh pemerintah. Selain atlet, suatu Negara yang ingin mendirikan badan memory sports nasional di negaranya, setidaknya memiliki satu arbiter (sebutan untuk perwakilan WMSC yang telah ditraining bagaimana menjalankan suatu kompetisi memory) memory sports yang di sertifikasi oleh WMSC. Yudi dan Destien (Arbiter Memory Sports asal Indonesia) Destien Indirawati merupakan internasional arbiter memory sports yang menjadi representative WMSC di Indonesia telah menyelesaikan trainingnya pada Hongkong Open 2013 pada bulan September 2013 dan terakhir di World Memory Championship 2013 pada 2 Desember 2013 kemarin. Dengan perannya Destien, semoga pada tahun depan Indonesia dapat membuat kompetisi memory level nasional untuk pertama kalinya dalam sejarah di Indonesia. Perjalanan Mempopulerkan Memory Sports di Indonesia “What knowledge without memory?”, bayangkan betapa susahnya hidup kita dengan kemampuan daya ingat yang lemah bahkan jika tua nanti menjadi pikun dan bayangkan pula betapa mudahnya hidup anda dengan otak yang dengan cepat mengingat sesuatu. Banyak anggapan yang mengatakan kemampuan mengingat yang cepat adalah bawaan lahir. Anggapan tersebut salah besar!, kemampuan mengingat yang kuat adalah hasil dari berlatih, tentunya dengan metode yang menyenangkan yang saya gunakan. Melalui acara-acara TV dan media-media cetak serta media sosial lainnya, saya mencoba mempopuler olah raga ini dengan menunjukkan betapa hebatnya otak kita. Dengan melihatnya, saya berharap banyak orang yang ingin mempelajari teknik-teknik mengingat ini dan bergabung bersama saya bertanding di kejuaraan-kejuaraan mengingat di banyak Negara.
  • 4. Perjalanan Mempopulerkan Memory Sports di Beberapa Station TV Nasional Usaha ini juga tentuya harus sejalan dan didukung penuh oleh pemerintah khususnya Kementrian Pemuda dan Olahraga sehingga Memory Sports dapat berkembang dengan baik di Indonesia Foto-foto Bersama Organizer Peserta dari Berbagai Negara di WMC 2013 Bersama Founder Mind Mapping, Tony Buzan Bersama Juara Dunia Memory Jonas dari Swedia
  • 5. Wawancara dengan TV Lokal Inggris Bersama Tim Filipine Bersama Ola, Kompetitor dari Norwegia Salam Hangat, Yudi Lesmana Grand Master of Memory WMSC ID 443 Mobile : +6281361-171716 Bersama Kompetitor dari Jerman dan USA Bersama Boris, Kompetitor dari Jerman Ruangan Kompetisi WMC 2013

Related Documents