NAMA : Hani Diana Sipayung
NIM : 4111121008
Materi : Rangkaian Seri paralel
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/ Semestar : XII
...
4.2 Melakukan percobaan untuk menyelidiki karakteristik rangkaian listrik
MATERI
LISTRIK DINAMIS
1. Arus Listrik dan Kuat ...
Dalam sebuah rangkaian listrik tertutup jumlah aljabar gaya gerak listrik sama dengan
jumlah aljabar penurunan potensial l...
PEMBUATAN SIMULASI.
Simulasi untuk rangkaian campuran sesuai dengan yang di situs
http://www.mediabali.net/listrik_dinamis...
About Me.
Hani Diana Sipayung, Lahir di kota
padangsidimpuan pada tanggal 10 juni 1993.
Anaka bungsu dari tiga bersaudara....
About Me.
Hani Diana Sipayung, Lahir di kota
padangsidimpuan pada tanggal 10 juni 1993.
Anaka bungsu dari tiga bersaudara....
of 6

NamabajkKL hsdjhK GFAGTAK KAUA;A

NZlOa kjzsklcoesi
Published on: Mar 3, 2016
Published in: Business      
Source: www.slideshare.net


Transcripts - NamabajkKL hsdjhK GFAGTAK KAUA;A

  • 1. NAMA : Hani Diana Sipayung NIM : 4111121008 Materi : Rangkaian Seri paralel Satuan Pendidikan : SMA Kelas/ Semestar : XII KOMPETENSI INTI KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya KI 2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah KI 4 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. KOMPETENSI DASAR 1.1 Bertambahnya keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya. 1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan medan magnet yang saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan. 2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi. 2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan. 3.1 Mengevaluasi prinsip kerja peralatan listrik searah (DC ) dalam kehidupan sehari – hari..
  • 2. 4.2 Melakukan percobaan untuk menyelidiki karakteristik rangkaian listrik MATERI LISTRIK DINAMIS 1. Arus Listrik dan Kuat Arus Listrik Arus listrik adalah muatan-muatan listrik statis baik positif maupun negatif yang bergerak. Dimana pergerakan tersebut dikarenakan adanya beda potensial. Kuat arus listrik adalah banyaknya muatan yang melalui sebuah titik tiap detinya. I : adalah kuat arus listrik (ampere) Q : adalah jumlah muatan yang mengalir (coulomb) t : waktu yang diperlukan ( detik) 2. Hambatan Hambatan adalah perbandingan beda potensial antara kedua ujungnya dan kuat arus yang dihasilkan di dalamnya R : Hambatan (Ohm) V : Beda potensial (Volt) I : Arus listrik dalam penghantar (ampere) 3. Hukum ohm Hukum ini dicetuskan oleh George Simon Ohm, seorang fisikawan dari Jerman pada tahun 1825 dan dipublikasikan pada sebuah paper yang berjudul The Galvanic Circuit Investigated Mathematically pada tahun 1827. ada 2 bunyi hukum Ohm yaitu : “Besarnya arus listrik yang mengalir sebanding dengan besarnya beda potensial (Tegangan) jika suhu dan keadaan fisik suatu penghantar tersebut tidak berubah”. 4. Hukum Kirchoff Hukum I Kirchoff “ Jumlah kuat arus yang menuju suatu titik percabangan sama dengan jumlah kuat arus yang meninggalkan titik percabangan tersebut”. Hukum II Kirchooff
  • 3. Dalam sebuah rangkaian listrik tertutup jumlah aljabar gaya gerak listrik sama dengan jumlah aljabar penurunan potensial listriknya atau jumlah aljabar perubahan tegangan yang mengelilingi suatu rangkaian tertutup sama dengan nol. Jadi jumlah GGl di dalam sumber tegangan dan jumlah penurunan tegangan sepanjang rangkaian tertutup sama dengan nol. 5. Rangkaian Seri, Paralel, dan Campuran 1) Untuk rangkaian resistor seri : Rangkaian Seri adalah salah satu rangkaian listrik yang disusun secara sejajar (seri). Baterai dalam senter umumnya disusun dalam rangkaian seri. 2) Untuk rangkaian resistor paralel: Rangkaian Paralel adalah salah satu rangkaian listrik yang disusun secara berderet (paralel). Lampu yang dipasang di rumah umumnya merupakan rangkaian paralel. Rangakain listrik paralel adalah suatu rangkaian listrik, di mana semua input komponen berasal dari sumber yang sama. Semua komponen satu sama lain tersusun paralel. 3 ) Untuk rangkain Campuran. Rangkaian campuran merupakan rangkaian yang terdiri dari gabungan rangkaian seri dan rangkaian paralel.
  • 4. PEMBUATAN SIMULASI. Simulasi untuk rangkaian campuran sesuai dengan yang di situs http://www.mediabali.net/listrik_dinamis/rangkaian_listrik_campuran.html Simulasi untuk rangkaian seri dan paralel sesuai dengan yang disitus http://fisika-bilingual.net/materi.php?mode=materi&kode=FIS008-010 PEMBUATAN MAKRO MEDIA HARUS SESUAI DENGAN CONTOH MAKROFLASH GERAK PARABOLA YANG TERLAMPIR. LATIHAN Soal 1. Pada sebuah titik percabangan dari suatu rangkaian listrik, jumlah arus yang masuk sama dengan jumlah arus yang keluar. Hal ini sesuai dengan..... A. Hukum Coulomb B. Hukum Ohm C. Hukum Faraday D. Hukum I Kirchoff E. Hukum Ampere Jawaban :D Soal 2. Sebuah lampu listrik dengan spesifikasi 220 V dan 50 W dihubungkan seri dengan sebuah hambatan listrik 1000 ohm, lalu dipasang pada tegangan listrik 110 V. Ini berarti bahwa arus listrik yang mengalir dalam rangkaian itu adalah.... A. 56 mA B. 84 mA C. 112 mA D. 224 mA E. 548 mA Jawaban : A Soal 3. Perhatikan gambar rangkaian listrik di atas! Bila hambatan dalam sumber tegangan diabaikan, maka voltmeter V menunjukkan tegangan terukur sebesar… A. 4 V B. 6 V C. 9 V D. 10 V Jawaban : C
  • 5. About Me. Hani Diana Sipayung, Lahir di kota padangsidimpuan pada tanggal 10 juni 1993. Anaka bungsu dari tiga bersaudara. Pernah sekolah di SD N 01 Trans Aliaga, Kec. Huta Raja Tinggi, Kab. Padang Lawas. Kemudian di SMP N 1 Huta Raja Tinggi. Dan merupakan angkatan ke 6 dari SMA N 8 Padangsidimpuan. Dan saat ini masih aktif menjadi Mahasiswa Universitas Negeri Medan fakultas MIPA jurusan Pendidikan Fisika.
  • 6. About Me. Hani Diana Sipayung, Lahir di kota padangsidimpuan pada tanggal 10 juni 1993. Anaka bungsu dari tiga bersaudara. Pernah sekolah di SD N 01 Trans Aliaga, Kec. Huta Raja Tinggi, Kab. Padang Lawas. Kemudian di SMP N 1 Huta Raja Tinggi. Dan merupakan angkatan ke 6 dari SMA N 8 Padangsidimpuan. Dan saat ini masih aktif menjadi Mahasiswa Universitas Negeri Medan fakultas MIPA jurusan Pendidikan Fisika.

Related Documents